Environmental Fisheries Molecular research group
Ditulis pada tanggal 17 November 2017, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

WhatsApp Image 2017-11-14 at 09.24.19

Workshop Diseminasi Produk Unggulan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2017 bertempat di UB Hotel, Universitas Brawijaya Malang. Acara ini dilaksanakan dengan latar belakang permasalahan perkembangan usaha perikanan budidaya serta berubahnya kondisi lingkungan perairan yang terjadi selama ini terutama di Jawa Timur menimbulkan keresahan di kalangan para pengusaha budidaya baik dalam skala kecil maupun besar. Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat adanya perubahan – perubahan kondisi lingkungan yang dapat berdampak pada kerugian yang besar yang dialami oleh para pengusaha budidaya. Anggota tim peneliti yang tergabung dalam riset grup ENFISHMO adalah peniliti yang fokus terhadap permasalahan – permasalahan yang terjadi pada lingkungan budidaya. Dengan berbagai track record penelitian yang dimiliki sudah mampu meneliti berbagai sisi permasalahan budidaya yang terjadi, akan tetapi tidak semua hasil penelitian dapat disebarluaskan secara maksimal ke masyarakat maupun akademisi dan peneliti, oleh sebab itu perlu diadakan kegiatan workshop pengembangan produk unggulan sebagai sarana penyebarluasan ide yang muncul berdasarkan hasil penelitian – penelitian yang telah dilakukan selama ini.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 10.58.57

Produk hasil penelitian yang didiseminasikan adalah AVIBRO (Dr. Ir. Mohamad Fadjar, M.Sc) dan Extrak Bahan Aktif Algae (Dr. Yuni Kilawati, S.Pi., M.Si). Workshop ini bersifat terbatas dan hanya para petambak (pembudidaya) baik ikan maupun udang dari seluruh wilayah Jawa Timu yang di undang.

WhatsApp Image 2017-11-14 at 09.07.58

Para pembudidaya ikan maupun udang sebagian besar adalah mitra dari anggota ENFISHMO dan beberapa adalah diluar mitra ENFISHMO. Tanggapan para pembudidaya atas terselenggaranya acara ini merasa mendapatkan pengetahuan baru dan solusi atas permasalahan yang selama ini mereka hadapi.