Environmental Fisheries Molecular research group
Ditulis pada tanggal 26 September 2017, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Kepanjen, 10 Juli 2017. Salah satu anggota ENFISHMO yakni Dr. Asus Maizar SH., S.Pi., MP diundang menjadi slaah satu pemateri dalam acara Pelatihan Manajemen Kualitas Air yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan Kepanjen.

IMG-20170914-WA0008

Pelatihan Manajemen Kualitas Air tersebut dihadiri oleh para pembudidaya ikan se Jawa Timur. Acara tersebut dilaksanakan oleh UPT Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan Kepanjen selama tiga hari yakni pada tanggal 10 Juli 2017 sampai 12 Juli 2017. Manajemen kualitas air merupakan suatu usaha untuk menjaga kondisi perairan agar tetap dalam kondisi optimal untuk budidaya ikan dengan memperhatikan faktor fisika, kimia dan biologinya. Dari segi fisika air merupakan tempat hidup dan menyediakan ruang gerak bagi ikan atau organisme budiaya lainnya, dari segi kimia sebagai pembawa unsur-unsur hara, vitamin maupun gas-gas terlarut lainnya, dari segi biologi merupakan media yang baik untuk kegiatan biologis serta pembentukan dan penguraian bahan organik.

IMG-20170914-WA0005

Manajemen kualitas air memiliki peranan yang sangat penting pada keberhasilan proses budidaya ikan. Air, sebagai media tempat hidup organisme budidaya, mempunya pengaruh langsung terhadap kesehatan dan pertumbuhan ikan. Kualitas air menentukan keberadaan berbagai jenis organisme yang ada dalam ekosistem budiaya, baik terhadap ikan yang dibudidayakan maupun biota lainnya sebagai penyusun ekosistem tersebut. Kualitas air yang jauh dari nilai optimal dapat menyebabkan kegagalan budidaya, sebaliknya kualitas air yang optimal dapat mendukung pertumbuhan ikan. Kualitas air yang baik merupakan sarat mutlak berlangsungnya budidaya untuk menghasilkan produktivitas yang tinggi.